Monday, September 21, 2015

Editor yang Handal, wajib memenuhi syarat



Perlu disadari bahwa didalam jurnal yang laris manis pasti selalu ada editor yang handal. Editor adalah profesi yang selalu dihubung eratkan pada sang penulis, oleh sebab itu editor dan penulis harus mempunyai hubungan yang baik jika ingin memplubisikan bersama. Tugas editor adalah mengedit naskah yang sudah ditulis oleh si penulis apakah hasil karyanya plagiasi atau memeriksa kebenaran sumber kutipan (jika ada). Serta keputusan bersama yang disepakati bersama pula agar ketika proses editing tidak terjadi promble terhadap materi, penulisan dan gambar.
Dalam bahasan ini saya akan memberitahu apa aja sih untuk menjadi editor yang baik dan handal. Menjadi seorang editor itu kita harus ulet, rajin, dan teliti. Jangan sampai kita mengambil materi yang tidak telas sumbernya sebab itu akan merusak image yang ingin kamu bangun untuk menjadi editor yang baik dan handal. Selain diatas ada juga syarat – syarat yang perlu kalian ketahui.
1.       Menguasai EYD dan paham dalam kebahasaan
Ini adalah modal awal untuk menjadi editor yang baik dan handal. Modal awal ini berfungsi untuk membuat kalimat yang efisien dan koheren dengan tujuan agar pempaca dapat dengan mudah memahami isi bacaan tersebut. Bila perlu ada tambahan sedikit variasi terhadap tulisannya ataupun covernya.

2.       Sering – seringlah membaca dan menulis
Ini adalah modal selanjutnya, jika kita sering membaca bacaan dan mengaplikasikan kembali dengan kita membuat sebuah bacaan pasti kita bakalan tau dimana sih letak kata – kata ‘ini’ biar enak dan mudah dipahami pembaca.

3.       Menguasai bahasa asing
Tentunya pada zaman sekarang banyak dibutuhkan editor handal yang dapat menerjemahkan sebuah buku bukan. Maka dari itu kalian harus menguasai setidaknya 3 bahasa (inggris, mandarin, perancis). Dan tak sedikit penerbit akan memasukan syarat dapat berbahasa inggris didalam persyaratan dalam surat kontraknya.

4.       Sensitif dan teliti
Resiko untuk mengambil profesi editor adalah harus mempunyai kesensitifan dan ketelitian terhadap sebuah bacaan. Editor harus membaca berulang-ulang kali hasil tulisan dari penulis apakah sudah dapat dipahami atau masih ada keganjalan – keganjalan yang belum tepat keberadaanya. Untuk melatih kesensitifan terhadap editing yaitu perbanyak jam terbang hahaha

Semoga ulasan ini membantu kalian menjadi editor – editor handal yang dapat membanggakan nama bangsa ^^

0 comments:

Post a Comment