Friday, August 14, 2015

Profesi yang terdapat diruang lingkup penerbitan



Dalam perusahaan pasti selalu ada bagian – bagian untuk mengerjakan setiap pekerjaan yang telah dibagikan begitu pula dengan dunia penerbitan. Didalam penerbitan sudah ada bagian – bagiannya seperti penulisan, editor, layouter, pencetak buku sampai dengan distribusi ke konsumen. Berikut untuk menjelaskan lebih rinci apa saja tugas – tugasnya.

A.      Penulis
Penulis adalah input pada penerbitan, karya – karya mereka akan diproses menjadi suatu bacaan bagi pembaca dan konsumen. Meskipun menjadi seorang penulis belum terlalu populer namunmasih ada segelintir org yang menjadikan menulis sebagai pekerjaan pokok. Asma Nadia dan Riri Riza contohnya dan masih banyak lagi. Di dalam Penulis juga masih dibedakan menjadi 5 bagian yaitu pengarang, penerjemah, penyadur, ilustrator, dan penghimpunan.

B.      Editor
Seseorang yang bertugaskan untuk mengoreksi karya tulis si pengarang. Tugas menjadi editor adalah menyunting, mengedit dan menghilangkan hal yang tidak perlu pada bacaan sehingga menjadi apik untuk dibaca oleh konsumen dan konsumen pun akan tertarik dengan bacaan tersebut. Di tim editor pun ada bagian – bagiannya seperti Editor, Asisten Editor, Associate-editor, Copy Editor (penyuntingan), Korektor, Reader, Field Editor, Managing Editor dan Senior Editor.

C.      Percetakan
Naskah pengarang yang telah melalui proses editor akan dikembalikan pada pengarang lagi untuk dikoreksi kembali dengan si pengarang. Dan apabila dari semua pihak setuju, naskah akan dikirim ke penerbit agar difiat cetak setelah itu dibawa ke bagian plate. Agar dapat di proses oleh tim pencetak hingga menjadi buku yang dapat dinikmati.

D.      Distributor
Inti dari semua proses diatas adalah membuat suatu bacaan / buku untuk disebarluaskan pada konsumen. Dan disini fungsi dari distributor. Distributor adalah orang yang akan menyebarluaskan buku yang telah siap dibaca kepada seluruh masyarakat. Biasanya distributor akan bekerja sama dengan beberapa atau bahkan semua toko buku untuk memasukkan barang. Karena jika distributor membeerikan langsung kepada konsumen itu akan melanggar kode etik IKAP. Maka dari itu distributor dengan toko buku adalah suatu mata rantai dalam dunia distributor.

0 comments:

Post a Comment