Friday, August 14, 2015

Penggarapan naskah yang layak



Yang diawalin dengan penulis yang menulis sebuah naskah lalu dikirim ke penerbit dan dibawa ketangan editor. Entah naskah itu berupa softcopy ataupun hardcopy, namun jika kita lihat di jaman yang serba online ini biasanya penulis akan mengirim naskah berupa softcopy agar simple. Dan selanjutnya naskah itu akan dibawa ke rapat redaksi. Apakah naskah ini diterima penerbit atau tidak. Apabila diterima naskah akan dilanjutkan prosesnya namun apabila tidak naskah akan dikembalikan kembali pada penulis.
Dibawah ini adalah kriteria naskah yang layak untuk diterbitkan:

1.       Bermanfaat
Penulis akan berpikir untuk membuat buku yang ingin diterbitkan, apakah buku ini bermanfaat oleh pembaca atau sebaliknya. Belum tentu buku akan terbit meskipun menurut si penulis buku utu bermanfaat untuk pembaca. Selain bermanfaat biasanya buku juga harus berbau dunia bisnis. So, yang jadi pertimbangan si penerbita ada 2 hal. Manfaat dan bisnis.

2.       Mudah
Naskah seharusnya dapat mudah dipahami oleh pembaca dan gaya bahasnya juga takterlalu monoton. Pembaca akan merasa berat untuk membaca suatu buku jika pembawaan bahasanya pun susah dipahami. Selain mudah di pahami oleh pembaca, naskah juga harus mudah di garap oleh penerbit agar tidak menyebabkan kerugian pada sang penerbit.

3.       Menarik
Naskah yang ingin diterbitkan harus berbeda dengan yang lain. Ada hal yang unik dalam naskah tersebut agar dapat menarik ketertarikkan pembaca.


Selain  3 hal yang diatas ada juga yang harus diperhatikan dalam naskah agar dapat terbit, diantaranya yaitu :

a.       Sesuai dengan visi dan misi penerbit
b.      Tidak ada unsur ponografi, sara serta tidak bertentangan pada norma masyarakat
c.       Naskah yang dikasih kepenerbit harus asli tidak plagiat

0 comments:

Post a Comment