Monday, September 21, 2015

Jenis – jenis editor dalam ilmiah



Didalam dunia jurnal ilmiah ada beberapa jenis editor yang mempunyai fungsinya masing – masing. Dikutip dari (http://pkpschool.sfu.ca) ada 8 jenis editor, diantaranya adalah :
1.       Copy-esitors (Sub-Editor) : editor ini berfungsi untuk pengecekkan tata bahasa yang kurang tepat, mempersiapkan naskah yang ingin typesetting. Serta dapat berfungsi untuk mereset halaman.
2.       Technical Editors : sama seperti Copy-Editor namun untuk masalah porsi Technical Editor melakukan porsi yang lebih besar daripada Copy-Editor.
3.       Editorial Assistants : berfungsi untuk pengiriman, meninjau, penerimaan atau penolakan proses. bekerja di kantor redaksi.
4.       Managing Editor : yang bertanggung jawab atas pekerjaannya Editorial Assistans serta sering mereka membuat beberapa keputusan terhadap jurnal yang ditolak maupun diterima.
5.       Editor Board Members : sering mewakili jurnal dalam komunitas tertentu dan terkadang menulis artikelnya juga.
6.       Advisory or Associate Editor : sering bekerja sama dengan Editors-in-Chief dan bertanggung jawab pada bagian tertentu dari jurnal
7.       Associate Editors or Deputy Editors : sama seperti Advisory or Associate Editor, ia bekerja sama pula dengan Editors-in-Chief. Sering membantu memberikan strategi dalam jurnal.
8.       Editors-in-Chief : bisa dibilang kalau bagian ini adalah kedudukan yang paling senior sebab dibagian ini semua isi jurnal serta strategi editor adalah tanggung jawab Editor-in-Chief. Bagian ini juga sering kita kenal dengan sebutan “editor”

0 comments:

Post a Comment