Monday, September 21, 2015

Tata cara wawancarai narasumber dengan baik



Sebaiknya sebelum membahas tata cara wawancara yang baik kita harus mengetahui apa itu wawancara. Wawancara adalah berbincangan antar pewawancara dengan narasumber dengan cara face to face. Biasanya dilakukan dengan dua orang saja namun ada juga yang lebih. Dalam mewawancarai narasumber sebaiknya kita harus mencari materi pertanyaan yang menarik dan tepat dengan si narasumber.
Pertanyaan – pertanyaan yang menarik akan membawa si narasumber enjoy dan akan merasakan seperti tidak sedang diwawancarai. Serta pertanyaanya harus sesuai dengan si narasumber misal kita ingin mewawancari narasumber dengan tema sport sebaiknya kita mencari narasumber yang bekerja / gemar dalam olahraga jangan sampai mencari narasumber yang bidang profesinya seorang koki / chef.
Dibawah ini adalah tata cara bagaimana mewawancarai narasumber dengan baik :
1.       Sebelum melakukan wawancara sebaiknya kalian harus membuat janji terhadap narasumber agar tidak terjadi kesalahan waktu. Bertanya kepada narasumber apakah bersedia untuk diwawancarai seputar dengan topik yang kalian buat. Dan sepakatkan waktu yang setidaknya cocok buat kedua pihak.
2.       Setelah sepakat kapan dan dimana untuk melakukan wawancara, kalian harus menyiapkan beberapa pertanyaan yang ingin kalian tanyakan. Pertanyaan – pertanyaan yang baik harus memperhatikan unsur 5W +1H. Namun ketika proses wawancara sebaiknya kalian jangan terpaku terhadap pertanyaan yang kalian buat sebelumnya. Sebaiknya ikuti saja alur yang si narasumber berikan.
3.       Jangan sampai dihari H nya kalian terlambat atau berpenampilan buruk itu akan membuat penilaian narasumber kepada kalian akan berkurang. Setidaknya berpenampilan rapih dan datang tepat pada waktu perjanjianya. Kalaupun memang tidak dapat datang tepat waktu kalian harus kasih kabar kepada narasumber agar memberi kerenggangan waktu. Tapi sebaiknya kalian harus tepat waktu aja deh hehe ^^
4.       Tape recorder, buku catatan dan alat tulis adalah barang keramat yang harus wajib kalian bawa pada waktu wawancara. Dan jauhkan pertanyaan “boleh diulang lagi jawabanya bu/pak?”
5.       Ketika narasumber memberi jawaban jangan kalian potong dengan pertanyaan yang lainnya. Biarkan dahulu narasumber memberi jawabanya sampai selesai baru kalau sudah selesai kalian boleh bertanya lagi. dan jauhkan (lagi) pertanyaan yang berbelit-belit/rumit.
6.       Netral. Itu sikap yang kalian tunjukkan pada narasumber. Karena sebenarnya tugas kalian hanyalah menerima opini mereka meskipun opini mereka (menurut kalian) tidak baik.
7.       Dan terakhir adalah ramah. Sikap ramah terhadap narasumber memberikan nilai plus kepada kalian dan jika dilain waktu kalian ingin mewawancarai narasumber tersebut akan tidak susah membuat janjinya ^^

Diusahakan trik – trik yang diatas anda lakukan agar proses wawancara kalian berjalan lancar tanpa ketegangangan ataupun gangguan apapun. Semangat ^^

0 comments:

Post a Comment