Wednesday, August 19, 2015

Jenis – Jenis Berita – hingga terdalam



Dalam dunia Jurnalistik, berita adalah hal inti yang sangat perlu diperhatikan. Berita yang akan disajikan untuk informan haruslah aktual, fakta, penting serta menarik. Didalam berita pula terdapat jenis-jenisnya. Mulai dari termudah hingga terrumit dalam proses penyajiannya. Dan pada pembahasan ini saya akan menjelaskan apa saja jenis – jenis berita.

1.       Straight News
Straight News atau bisa disebut berita langsung ini biasanya peristiwa yang baru saja terjadi dan ditulis secara to the pion dengan bahasa yang lugas. Serta dapat menarik informan dengan tampilan yang menarik. Straight News dapat dibedakan menjadi 2 yaitu, Hard News dan Soft News. Soft News biasanya melengkapi berita utama (Hard News)

2.       Opinion News
Opini adalah pendapat/komentar setiap individual yang berbeda-bedapada suatu hal umum. Begitu pula dengan Opinion News (Berita Opini). Berita ini berisikan komentar, ide, pendapat seseorang. Biasanya pendapat para ahli, pejabat, serta cendekiawan pada masalah/isu yang terhangat yang akan dipasang di koran, tabloid, dll

3.       Interpretative News
Berita Interprestasi adalah bahan berita Straight News yang telah diperjelas. Wartawan yang menulis berita Interprestasi ini akan berpikir layaknya seorang ilmuan terhadap penelitiannya. Wartawan juga perlu memiliki wawasan yang lebih luas dan ketertarikan terhadap masalah itu. Agar berita yang akan disajikan lengkap serta komprehensif.

4.       Depth News
Depth News adalah berita yang akan mendalami suatu peristiwa/masalah. Berita ini memakai unsur berita 5W+1H namun unsur WHY dan HOW yang lebih diperdalami. Serta ada unsur tambahan dalam berita ini, SO WHAT. Yang menjelaskan bagaimana dampak/ selanjutnya peristiwa ini.

5.       Investigation News
Berita Penyelidik. Berita yang berdasarkan penyelidikan dan penelitian suatu peristiwa dengan segala sumber. Hampir mirip dengan Depth, namun dalam Investigative News wartawan menduga kalau ada hal penting yang sedang ditutup-tutupi oleh sang petinggi pada khalayak umum. Wartawan dalam hal ini akan menjadi “watchdog” untuk mencari kebenaran yang asli.

0 comments:

Post a Comment