Wednesday, August 19, 2015

Tipe –Tipe Indeksasi Journal



Setelah dibahas “Apa Itu Indeksasi Journal” sebaiknya kita juga perlu mengetahui apa saja tipe – tipe Indeksasi Journal itu sendiri. Indeksasi Journal memiliki 5 tipe dengan berbagai fungsi dan kegunaannya. Diantaranya yaitu :


A.   Search Engines
Search Engine adalah sebuah program dari Worl Wide Web yang berguna untuk membantu orang menemukan informasi. Yang diawalnya ditolak oleh beberapa perangkat pencari seperti Google dan Google Scholar karena alasan tertentu namun sekarang telah menjadi pilihan utama untuk peneliti, ilmuan serta siswa.
Sehingga alat pencari inipun tidak mempunyai persyaratan kualitas dan tidak membaawa pretise apapun.



B.   General Indexes
General Indexes berbeda dengan Search Engines yang dapat memasuki segalanya di web. General Indexes hanya untuk konten Jurnal dan hanya jurnal – jurnal yang sudah dikenal yang dapat masuk. Seperti Comercial Ulrich dan Free New Jour.
Direktori Open Access (DOAJ) sama pentingnya dengan General Indexes. Namun DOAJ tidak mengevaluasikan jurnal yang dipublikasikan, dan tidak diharuskan untuk publikasi serta membuka akses. Baru – baru ini DOAJ memperketat kriteria kualitasnya.


C.   Quality Assured Indexes
Jika jurnal anda ingin masuk Quality Assured Indexes, anda harus memenuhi kriteria kualitas tertentu. Contohnya, jika ingin terindeks Medline Jurnal harus melengkapi semua persyaratan dari pihak Medline. 


D.   Citation Indexes
Citation Indexes mencakup semua data dari jurnal seperti penulis, artikel, judul, abstak, serta melacak semua kutipan dari artikel. Indeks kutipan ada 2 macam, pertama Indeks Utama seperti WOS dan Scopus. Dan yang kedua adalah indeks berlangganan, jika anda ingin mendapatkan informasi dari mereka anda harus membayar untuk akses yang diterima. Biasanya sekital 12.000 jurnal. Dengan membayaar kita mendapatkan keandalan publikasi dan kualitas konten. Indeks kutipan juga dapat melacak seberapa banyak kali kahn kutipan itu di direferensikan.


E.    Regional Indexes.
Regional Indexes hanya berlaku di beberapa daerah saja seperti Latindex untuk Amerika Latin, Karibia, Spanyol, dan Portugal; Redalyc untuk Amerika Latin, Karibia, Spanyol, dan Portugal; Scielo untuk Amerika Latin, Karibia, Spanyol, Portugal, dan Afrika Selatan; dan Afrika Jurnal Online untuk Afrika.  Regional Indexes lainnya dapat ditemukan di situs web INASP JOLs. Regional Indexes juga berguna dalam peningkatan vasibilitas serta membangun ilmiah lokal jurnal anda.

0 comments:

Post a Comment