Thursday, July 19, 2012

PENGANTAR MADING

KENAPA MADING? 
Majalah dinding (mading) adalah media informasi yang paling murah dan dekat dengan kita. Jika media ini dikemas dengan baik, unik dan serius maka mading tidak hanya sebagai media kreatifitas, tetapi juga bisa sebagai media informasi, hiburan dan pembelajaran, bahkan sebagai kontrol (pengawasan) pola hubungan sosial di sekolah.

Melalui majalah dinding, kita dapat memanfaatkan media teknologi seperti komputer, internet, foto dan alat rekam (tape recorder) hingga mengembangkan jiawa kewirausahaan siswa dalam menggali sumber dana mading melalui swadana siswa, sekolah hingga dari pemasang iklan.

Memang, hampir di setiap sekolah dijumpai adanya majalah dinding. Namun tidak semua sekolah memiliki mading yang baik, unik dan serius. Beberapa mading sekolah malah hanya sebagai papan pengumuman yang diramaikan dengan pemasangan informasi pengumuman, famplet, brosur dan buletin baik dari pihak dalam maupun luar sekolah. Padahal fungsi mading bisa dikembangkan seperti fungsi pers pada umumnya, sebagai media informasi, hiburan, pendidikan dan kontrol sosial.


KELEBIHAN MADING
Ada sejumlah alasan mengapa mading menjadi sebuah media informasi yang paling efektif yang bisa dikembangkan di sekolah daripada majalah sekolah dalam format kertas kwarto/A4. Keunggulan mading antara lain :
  • Kita bisa lebih kreatif, 
  • Medianya jadi pameran karya kita dalam mata pelajaran lain seperti kesenian, bahasa Indonesia dan sebagainya.
  • Biaya produksi lebih murah dan mudah. Kita bisa menggunakan limbah kertas dan lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai media menulis.
  • Mengembangkan ketrampilan dibidang teknologi seperti pemanfaatan komputer, printer, internet, kamera dan alat rekam dalam mencari data dan informasi.
Apa yang kita butuhkan untuk bikin mading?
PENGURUS
Jelas dibutuhkan pengurus mading agar terbitnya madding itu bisa lebih teratur dan ada evaluasinya agar jadi lebih baik selanjutnya.
RUBRIKASI
Rubrikasi menjadi penting agar mading kita bisa lebih jelas dan gak bertele-tele. Rubrikasi juga bisa menjadi identitas dari mading kita.
TEMA
Agar mading kita lebih menarik tentunya lebih baik jika materi yang ada pada mading kita satu tema.
BENTUK
Untuk menarik minat baca dari siswa lain kita mesti memperhatikan bentuk dari madding kita. Jika tidak menarik yaaa jangan salahkan jika tak ada yang membaca madding kita nantinya.
MATERI
Ini yang paling penting. gak ada materi yaaa mading kita Cuma jadi tempelan kertas dan pengumuman.
Tabik,
Widhi Maulana

0 comments:

Post a Comment