Friday, July 9, 2010

7 Pedoman Bagi Jurnalis Baru

Setidaknya ada 7 pedoman yang harus dipegang oleh seorang jurnalis baru. Ke-7 pedoman tersebut diantaranya adalah

1. There is no problem with Journalism.

Tidak ada masalah dengan jurnalistik. Dunia jurnalistik tiada habisnya. Dengan produk berita yang harus selalu update, menjadikan dunia jurnalis ini sebuah lahan yang tidak perlu dikhawatirkan. Karena akan selalu ada kebutuhan untuk berita dan wartawan.

Masalahmya yaitu perlu adanya komunikasi yang diselamatkan dalam bidang ini. Sebagai seorang jurnalis, komunikasi yang jujur sangat diperlukan untuk mendapatkan kepercayaan dari para pembaca.

2. People pay for high quality journalism.

Orang-orang akan membayar tinggi para jurnalis yang berkualitas tinggi. Seperti para jurnalis yang bekerja di media The Economist, The New York Times, Wall Street Journal, New Yorker, Atlantic Monthly, Monocle. Para jurnalis tersebut memiliki kualitas dan kuantitas yang dapat diperhitungkan.

Bukan hanya dengan tulisan yang baik, mereka pun harus menjadi jurnalis yang memiliki kredibilitas dan profesionalisme yang tinggi. Dengan menjunjung kode etik jurnalis yang berlaku di daerahnya masing-masing. Dengan demikian, jurnalis seperti ini akan banyak dibutuhkan dan dicari oleh media mainstream.


3. As long as you will cover the news in a no-bullshit way, you will do fine.

Selama kita tidak memberitakan kebohongan, maka orang-orang akan tetap datang dan mencari hasil tulisan kita. Karena sebagai seorang jurnalis yang menjadi sumber informasi bagi masyarakat, kepercayaan dari publik pun menjadi pengaruh yang paling utama untuk tetap bisa bertahan.

4. Be a good, unique, and valuable journalist.

Jadilah seorang jurnalis yang baik, unik, dan berharga. Karena dengan khas dan keunikan yang kita miliki, banyak masyarakat dan media yang akan membutuhkannya. Keunikan tersebut bisa menjadi daya jual yang tinggi bagi jurnalis tersebut.

5. If you want to do journalism, launch a blog right now and get on with it.

Jika ingin menjadi seorang jurnalis, kenalilah blog mulai dari sekarang. Gunakan dan dapatkan manfa'at blog mulai dari sekarang. Karena jika blog anda unik dan memiliki nilai yang tinggi, maka anda akan bisa memiliki jalan yang besar bahkan berhasil dari blog tersebut.

6.  Learn how to interact with people online

Pelajarilah cara berinteraksi dengan para pengguna media online. Seperti melalui komentar blog, membuat forum, serta memanfa'atkan media sosial seperti facebok dan twitter sehingga anda pun bisa mendorong partisipasi dan melibatkan mereka didalamnya.

7. Read good stuff.

Bacalah hal-hal yang baik dan bermutu. Jauhkan diri dari membaca blog yang belum dapat dipercayai kebenaran dan keakuratannya. Membaca blog orang-orang ini akan membuat anda melakukannya dengan baik - Jay Rosen, Nicholas Carr, Clay Shirky.

(sumber)

0 comments:

Post a Comment